Selasa, 16 Oktober 2012

Gagahnya Kami Di hari itu...


Petugas Upacara

Barisan Guru dan Karyawan

Pembina Upacara ( Kepala Sekolah )

Pengibaran Bendera Merah Putih

Penghormatan kepada Bendera Merah Putih

Barisan Paduan Suara

Khidmat

Civitas Akademika SMP Negeri 3 Salatiga

Kami Bangga Indonesia Raya...Merdeka


Sekolah kami mengadakan upacara bendera, kegiatan kali ini berbeda kemasannya yaitu dengan menugaskan pada kelas  VIII yang tergabung dalam Ekstrakurikuler PASKI ( dibawah bimbingan Bp. Aditya Ibnu Nugroho, S.Pd ) sebagai petugas upacara. Upacara bertujuan untuk  mendisiplinkan siswa dalam suatu kegiatan secara bersama, memberi informasi hal-hal yang ada di sekolah, mengetahui kondisi siswa secara klasikal, dan pemberian prestasi  ( reward ) kepada siswa yang berprestasi. Untuk menjadikan bahan reevaluasi kita semua bahwa sangat disayangkan masih ada saja beberapa peserta didik  dan juga  guru/karyawan yang kurang disiplin dalam mengikuti kegiatan upacara tersebut. 
Kedisiplinan harus ditegakkan dengan serius dan penuh konsistensi. Siapa saja yang melanggar harus dikenakan sanksi, hal ini bukan hanya peserta didik, tetapi guru/karyawanpun harus diberikan sanksi bila guru melanggar disiplin. Sanksi adalah hukuman yang diberikan kepada peserta didik dan guru/karyawan bersifat mendidik dan juga pembinaan, agar di lain waktu tak terulang lagi. Untuk menjadikan renungan buat kita sebagai pendidik,  bahwa cara efektif mendisiplinkan peserta didik adalah  memberikan keteladanan. Kita memberi contoh bagaimana melaksanakan disiplin itu sendiri. Bila para guru/karyawan memahami bahwa dirinya adalah public figure untuk para siswanya, tentu para guru/karyawan akan berusaha tepat waktu dan tidak terlambat datang ke sekolah, baik kesehariaannya juga dalam kegitan upacara bendera. Tentu akan malu bila guru/karyawan sampai datang terlambat. Kita budayakan mengedepankan pelayanan, memberi suri tauladan. 
Kegiatan Upacara bendera  mengajak kita untuk berjiwa nasionalis. Sikap berdiri dan menghormat kepada bendera sang saka merah putih dengan diiringi lagu Indonesia Raya, terlihat bahwa kita adalah bangsa yang telah merdeka dan berdaulat.
Kesimpulan dari kegiatan upacara bendera telah mengajarkan kepada kita untuk disiplin, tepat waktu, berpakaian rapi, barisan rapi, mempunyai kemampuan mendengarkan, mengenang jasa para pahlawan, membaca pancasila untuk diamalkan dalam keseharian, membaca ikrar pelajar Indonesia, membaca UUD 1945, dan mendoakan jasa pahlawan yang telah gugur untuk kemerdekaan Indonesia.
Jayalah Negeriku ...Jayalah Netisaku..jaya..jaya..jaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar